Kini Apple Maps Bisa Tunjukkan Lokasi Vaksinasi Covid-19

Apple Maps mengumumkan bahwa pembaruan terakhirnya telah dilengkapi dengan informasi lokasi vaksinasi Covid-19 dari VaccineFinder. VaccineFinder adalah situs yang dikelola oleh Boston Children Hospital.

Situs VaccineFinder menyediakan berbagai informasi mengenai kelayakan dan ketersediaan vaksin Covid-19.

Para pengguna bisa mencari lokasi vaksinasi terdekat di Apple Maps atau dengan cara bertanya pada Siri. Cukup ucapkan saja “Di mana saya bisa mendapatkan vaksinasi Covid?”.

Saat ini ada sekitar 20.000 lokasi yang masuk dalam daftar, dan jumlah ini akan terus berkembang dalam beberapa minggu ke depan.

Mengutip The Verge, Rabu (17/3/2021), tiap lokasi vaksinasi yang terdaftar di Apple Maps juga akan dilengkapi dengan informasi jam operasional dan informasi kontak masing-masing lokasi.

Selain itu setiap lokasi juga akan dilengkapi dengan tautan website untuk mengetahui ketersediaan vaksin dan membuat janji temu.

Didalam pengembangan fitur ini, Apple tidak berjalan sendiri. Mereka bergabung dengan sejumlah perusahaan teknologi lain yang menawarkan informasi mengenai ketersediaan vaksin, lokasi, serta membuat janji temu untuk vaksinasi Covid-19.

Sayangnya saat ini informasi-informasi tentang vaksinasi Covid-19 dari Apple Maps baru tersedia di Amerika Serikat. Belum diketahui apakah informasi serupa juga bisa diakses oleh pengguna yang ada di negara lain, termasuk Indonesia.

foto Lokasi Vaksinasi Covid-19
foto: inews.id

Facebook Juga Bisa Menunjukkan Lokasi Vaksinasi Covid-19

Sehari sebelumnya, Facebook juga mengumumkan bahwa pihaknya akan menambahkan informasi dari VaccineFinder ke page Covid Information Center-nya.

Dengan begitu, setiap pengguna bisa mengetahui kapan dan di mana mereka bisa mendapatkan akses vaksinasi hingga membuat janji temu untuk vaksinasi.

Covid Information Center milik Facebook ini juga diperluas ke Instagram. Bahkan, perusahaan tengah bekerja mengembangkan chatbot WhatsApp pemerintah dan otoritas kesehatan untuk membantu orang-orang mendaftarkan diri untuk divaksinasi.

Google Juga Tidak Ketinggalan

Perusahaan raksasa Google juga tidak mau kalah terkait dengan teknologi serupa. Google juga telah menawarkan lebih banyak cara untuk mencari informasi tentang vaksinasi.

Google mengumumkan, orang dapat menggunakan Pesan Bisnis di Google Maps dan penelusuran Google untuk menghubungi apotek lokal. Pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan mengenai kelayakan vaksin, ketersediaan, dan pemesanan janji temu.